Wednesday 19 December 2012

Cerita Ferguson Menangani Ego Pemain Bintang

Bola.net - Dalam petikan wawancaranya bersama Harvard University Sir Alex Ferguson bercerita tentang cara menangani para pemain berego bintang.

Beberapa waktu yang lalu, pelatih Manchester United itu dimintai tolong untuk bercerita tentang pengalamannya dalam melatih salah satu klub sepakbola terbesar di dunia.

Poin-poin wawancara tersebut kemudian disarikan dan dijadikan bahan mata kuliah di universitas yang sejatinya lebih banyak mengupas perihal bisnis tersebut.

Opa Fergie sempat ditanya bagaimana ia mengendalikan para pemain-pemain bintangnya yang juga bergaji milyaran tersebut.

"Sejumlah klub Inggris terlalu sering berganti pelatih, hal ini yang menciptakan kekuatan pemain di ruang ganti. Ini sangat berbahaya," tuturnya.

"Manajemen sepakbola pada akhirnya adalah tentang para pemain. Anda sebagai pelatih berpikir merasa lebih baik sebagai pemain, dan mereka sebagai pemain merasa mereka lebih baik sebagai pelatih."

Ferguson bilang sebagai pelatih Anda tak bisa sampai hilang kendali. Tak boleh sekalipun, meski ada sekitar 30 milyarder yang sedang Anda bawahi. Jika ada yang sampai lepas kendali, maka saat itulah Anda bisa disebut telah mati.

No comments:

Post a Comment