Monday 31 December 2012

10 Fakta Menarik Javier Hernandez

10 Fakta Menarik Javier Hernandez

Javier Hernandez Balcazar a.k.a. Chicharito (lahir 1 Juni 1988) merupakan salah satu bintang muda baru yang muncul di Premier League Inggris. Di usia yang masih muda, dia telah mampu menembus skuad MU dan mampu menyingkirikan striker berpengalaman sekelas Michael Owen 10. Namun Ternyata pemain mungil ini memiliki beberapa catatan menarik. Berikut 10 Fakta Menarik Javier Hernandez

1. Generasi Keluarga Sepakbola
Tiga generasi berbeda dari keluarga Balcazar memulai karir sepakbolanya di klub Chivas Guadalajara. Diawali kakeknya yaitu Tomas Balcazar, sang ayah Javier Hernandez Sr., dan terakhir Chicharito.

2. Hampir Pensiun di Usia Muda
Tiga generasi Balcazar tersebut juga pernah bermain di Piala Dunia. Chicharito sempat mempertimbangkan untuk gantung sepatu di usia 19 tahun karena sempat frustrasi dan merasa tidak mampu menembus tim utama Chivas pada saat itu. Namun bujukan sang ayah membuatnya berubah pikiran.

3. Julukan Kacang Polong
Julukan Chicharito (kacang polong kecil) berasal dari warna matanya yang berwarna hijau seperti kacang polong. Sang ayah sendiri pada masanya berjuluk Chicharo (kacang polong).

4. Harga Murah
Chicharito dibeli United dari Chivas dengan harga sekitar 7 juta pounds tepat sebelum Piala Dunia 2010 dimulai. Menariknya, dia digaet hanya berdasarkan hasil pantauan Jim Lawlor (Head Scout United) dari 3 pertandingan saja bersama Chivas. Sekarang, setelah penampilan yang impresif di Piala Dunia lalu plus debut hebatnya bersama United harganya sekarang melonjak menjadi sekitar 15-20 juta pounds.

5. Menjadi Pilihan Utama
Pada awalnya, Sir Alex hanya menempatkan Chicharito sebagai striker pelapis trio penyerang utama yaitu Rooney, Berba dan Owen. Namun perkembangan yang pesat serta naluri finishingnya yang luar biasa membuatnya 'naik pangkat'. Bahkan di beberapa pertandingan terakhir dirinya menjadi pilihan utama untuk mendampingi Rooney sebagai ujung tombak United.

6. Mencetak 1 Gol Setiap 95 Menit
Chicharito mampu mencetak 1 gol setiap 95 menit. Sebagai pembanding, Lionel Messi (pemain terbaik dunia tahun ini) mencetak 1 gol setiap 88 menit dan Cristiano Ronaldo mencetak 1 gol setiap 89 menit.

7. Tingkat Akurasi yang Tinggi
Yang lebih dahsyat lagi 11 gol itu dicetaknya hanya dari 15 kali shots on target (10 melalui kakinya, 5 dari kepalanya). Itu berarti tingkat akurasinya mencapai 73 %! Jauh lebih efektif bila dibandingkan dengan Messi (38 % - 27 gol dari 72 shots on target) atau Ronaldo (34 % - 27 gol dari 80 shots on target).

8. Heading Maut
Walaupun tingginya hanya 175 cm, Chicharito tenyata sangat piawai dalam duel bola-bola udara. Dari 11 gol, 4 diantaranya dicetak melalui sundulan atau sekitar 36 % dari total golnya di Premier League. Dan efektivitasnya sangat mencengangkan karena hanya sekali dia gagal mencetak gol dari 5 kali percobaannya menyundul ke gawang.

9. Pemain Tercepat Piala Dunia 2010
Chicharito tercatat sebagai pemain tercepat di Piala Dunia 2010 lalu dengan top speed 32,2 km/jam. Sisanya adalah : Jesus Navas - Spanyol (31,5 kph), Konstatinos Katsouranis - Yunani (31,5 kph), Lukas Podolski - Jerman (31,5 kph), Victor Obinna - Nigeria (31,1 kph), Gonzalo Higuain - Argentina (30,9 kph), Arjen Robben - Belanda(30,9 kph).

10. Pemain Meksiko Pertama di MU
Di usianya yang sangat muda, dia menjadi orang Meksiko pertama yang akan bergabung dengan klub Manchester United dan telah mengkoleksi 22 caps bersama timnas Meksiko dan sudah mencetak 14 gol, 2 diantaranya dicetak melawan tim tangguh (Perancis dan Argentina) pada turnamen Piala Dunia pertamanya.

arhamvhy

No comments:

Post a Comment