Saturday 3 August 2013

Popularitas Dahlan Iskan dan Mahfud Md Mirip

Dahlan Iskan yang sekarang menjabat sebagai Menteri Badan Urusan Milik Negara (BUMN) memiliki popularitas cukup tinggi di kalangan calon presiden alternatif 2014. “Posisi Dahlan beda tipis dengan Mahfud Md,” ujar Djayadi Hanan, Direktur Riset SMRC (Saiful Mujani Research and Colsulting) kepada Tempo, Sabtu, 3 Agustus 2013.

Mahfud Md adalah bekas Ketua Mahkamah Konstitusi, dalam berbagai kesempatan telah menyatakan siap maju dalam pemilihan presiden 2014. Pada sebuah pertemuan dengan komunitas advokat, ahli kuliner, mahasiswa, dan klub motor, di Hotel Lodaya kawasan Buah Batu, Bandung, Selasa malam 30 Juli 2013, lelaki asal Madura, Jawa Timur, itu mengulangi kesiapannya.

Menurut Djayadi, bila disejajarkan dengan calon presiden alternatif di luar Prabowo Subianto, Megawati Soekarnoputri, atau Aburizal Bakrie, peluang Dahlan Iskan sangat bagus. Dari survei yang pernah dilakukan pada April 2014, dia meraih angka 50 persen mirip dengan yang diperoleh Mahfud Md.  “Di luar Prabowo, Megawati, dan Aburizal Bakrie posisi Dahlan menempati urutan ketiga dari lima orang,” ucap Djayadi.Lima orang tersebut, jelas Djayadi, urut-urutannya adalah Joko Widodo yang kini menjabat sebagai Gunernur DKI Jakarta, Mahfud Md bekas Ketua Mahkamah Konstitusi, Dahlan Iskan Menteri BUMN, Gita Wiryawan Menteri Perdagangan, dan Irman Gusman Ketua DPD. “Posisi tersebut merupakan modal besar bagi Dahlan Iskan untuk mengikuti konvensi Partai Demokrat yang akan digelar tahun depan,” ucap Djayadi.

Bekas Ketua Umum Pengurus Besar Pelajar Islam Indonesia (PII) ini melanjutkan, posisi Dahlan masih bisa terkerek naik karena memiliki waktu delapan bulan untuk mendongkrak namanya saat konvensi digelar. “Dia bisa melakukan sosialisasi dari sekarang,” papar Djayadi.
Namun demikian, Dahlan Iskan tak bersedia menyatakan secara terbuka ketika ditanyaTempo seputar kesiapannya mengikuti konvensi Partai Demokrat. ““Ndak-ndak saya tak mau menjawab pertanyan seputar konvensi,” ucapnya, Jumat malam, 2 Agustus 2013.

Menurut sumber Tempo, Dahlan Iskan telah diminta oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang juga Ketua Umum dan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat untuk mengikuti konvensi. “Dia diminta ikut konvensi Partai Demokrat dan menyatakan siap,” kata sumber. Djayadi menambahkan, “Dahlan memang begitu, malu-malu menjawab kalau ditanya soal kesiapannya ikut konvensi.”

No comments:

Post a Comment